Cara Menghapus Background Di Photoshop Dengan Mudah

Adobe Photoshop sangat bagus untuk mengedit foto, mirip namanya. Ada banyak hal berbeda yang mampu Anda lakukan di Photoshop, mulai dari koreksi warna hingga penajaman tepi buram. Anda juga dapat menghapus latar belakang di Photoshop, jadi di artikel ini kami menjelaskan cara menghapus latar belakang di Photoshop. 

1: Cara Menghapus Latar di Photoshop 
Hal pertama yang perlu Anda ketahui ialah bahwa menghapus latar belakang tidak akan pernah gampang. Akan selalu memakan waktu, tidak peduli ke arah mana Anda mencobanya (dan ada beberapa cara). 

Jika Anda bergabung dengan kami untuk tutorial ini, kami akan menganggap bahwa: 
  • Anda memiliki kanal ke Photoshop. 
  • Anda pernah menggunakan Photoshop sebelumnya. 
Untuk menghapus latar belakang di Photoshop, Anda memerlukan jenis gambar yang tepat: tidak semua gambar akan berfungsi. Pilih sesuatu dengan nilai kontras tinggi dan tepi yang lebih tajam. Untuk tutorial ini, saya telah memakai gambar lampu meja saya. 

Siapkan Quick Selection Tool Anda 
Ada beberapa cara berbeda untuk menghapus latar belakang di Photoshop. Cara pertama yang akan kami coba adalah favorit langsung saya: Alat Pilihan Cepat. 

Metode ini sederhana tetapi menyeluruh. Untuk memulai, buka Quick Selection Tool Anda, yang terletak di bilah alat sebelah kiri. Ini akan dikelompokkan dengan Magic Wand Tool. 

Alat Seleksi Cepat menentukan apa yang harus dipilih berdasarkan: 
  • Sampel warna Anda. 
  • Apa yang ada di sebelah sampel warna itu. 
  • Tepi warna di dalam gambar Anda. 
  • Titik "fokus" pada gambar Anda. 
Setelah Anda memilih Quick Selection Tool, Anda akan melihat kontrolnya muncul di bagian atas layar Anda. 

Pastikan Peningkatan Otomatis dihidupkan. Auto-Enhance memungkinkan Photoshop melaksanakan lebih banyak penyetelan di sepanjang tepi pilihan Anda, yang merupakan hal yang baik untuk dimiliki kalau tepi Anda mempunyai banyak kurva atau detail di dalamnya. 

Selanjutnya, tekan Select Subject. 

Select Subject memberitahu Photoshop untuk menentukan item yang paling mendominasi dalam gambar Anda. Ini akan lebih mudah bagi program untuk mengambil bila Anda telah memilih gambar di mana ada potongan depan, tengah, dan belakang yang jelas. 

Buat Pilihan Anda 
Setelah saya menekan Select Subject, Photoshop menentukan kepala lampu saya. Anda mampu melihat garis besar seleksi ini dengan garis "semut berbaris" di sekitarnya. 

Pilihan ini tidak tepat, sebab hanya memilih sebagian dari lampu saya dan beberapa latar belakang. Tetapi menyentuh pilihan Anda yakni serpihan dari permainan dan ini merupakan awal yang baik. 

Di penggalan atas layar, pastikan opsi Add to selection Anda aktif. Selanjutnya, klik dan seret dari pilihan Anda di sepanjang sisa lampu Anda. Photoshop akan mempelajari apa yang harus dipilih berdasarkan warna di bawahnya dan tepi pilihan Anda sebelumnya. 

Pada kesudahannya, sebagian besar lampu Anda harus dipilih. 

Setelah pilihan Anda dibentuk, Anda mungkin ingin memakai Lasso Tool (ditemukan di toolbar sebelah kiri) untuk dengan cepat menghaluskan tepi. 

Saya memakai opsi Add to selection untuk Lasso, kemudian menggambar di sepanjang tepi pilihan saya agar terlihat kurang bergerigi. Ini akan mengambil area kecil piksel yang telah dilewatkan oleh Quick Selection Tool. 

Satu hal yang perlu diperhatikan yakni menghapus latar belakang dan menggunakan Lasso Tool  jauh lebih simpel kalau Anda bekerja dengan pena dan tablet. Ini memberi Anda koordinasi tangan-ke-mata yang lebih besar. 

Namun, bila yang Anda miliki hanyalah mouse, masih ada cara untuk menyentuhkan pilihan Anda. Cukup gunakan Polygonal Lasso Tool, alasannya yakni mengandalkan klik dan seret poin jangkar untuk menciptakan pilihan yang lurus. 

Dengan Lasso Tool, Anda harus menggambar semuanya dengan tangan. 

Hapus Latar Belakang Anda 
Setelah pilihan Anda sesuai dengan keinginan Anda, kembali ke Alat Pilihan Cepat Anda. Arahkan mouse ke pilihan Anda, kemudian klik kanan. 

Pilih Select Inverse. 

Dengan menentukan Inverse, Photoshop akan menentukan semua yang ada di gambar Anda kecuali objek utama Anda. 

Selanjutnya, pergi ke Edit>Cut. Ketika Anda menekan ini, Photoshop akan menghapus latar belakang Anda dalam satu gerakan. Ini ialah cara menghapus latar belakang di Photoshop. 

Setelah itu, Anda akan melihat area kotak-kotak abu-bubuk dan putih yang memperlihatkan bahwa ruang di sekitar objek Anda transparan. Namun, sesudah Anda menghapus latar belakang, Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa tepi di sekitar objek masih bergairah. 

Untuk semakin memperjelas tepi Anda, buka panel Layers Anda dan tambahkan lapisan warna solid di bawah gambar Anda. Warna ini bukan potongan permanen dari gambar Anda: itu hanya ada untuk membantu Anda mengedit. Anda dapat menonaktifkan visibilitas "off" dikala tidak mengedit. 

Untuk lapisan ini, yang terbaik ialah menentukan warna yang kontras dengan "bit" sisa yang Anda miliki di sekitar gambar Anda. Saya telah menentukan biru terang, alasannya biru cenderung "bergetar" ketika ditempatkan di sebelah merah cerah dan membuatnya lebih praktis untuk dilihat. 

Berikutnya: 
  • Klik pada layer gambar Anda sehingga aktif. 
  • Kembali ke Lasso atau Polygonal Lasso Tool Anda dan pilih bit agresif di sekitar lampu yang ingin Anda singkirkan. 
  • Klik Edit> Cut untuk menghapusnya. 
2: Cara Menghapus Latar di Photoshop 
Baca Juga Jika Anda mencari cara yang lebih cepat untuk menghapus latar belakang di Photoshop, mungkin Anda ingin menghapus latar belakang gambar. 

Ada dua alat penghapus yang berfungsi dengan baik untuk ini. Anda akan menemukan penghapus di sepanjang bilah alat sebelah kiri, terlihat di sini dengan warna merah. 

Magic Eraser Tool
Alat pertama yang ingin Anda coba ialah Magic Eraser Tool. Untuk memakai Magic Eraser, buka ikon penghapus Anda, klik panah putih kecil untuk mengakses menu dropdown, lalu pilih alat yang sesuai. 

Magic Eraser Tool sangat gampang dipakai. Sampel warna yang ada di bawah kursor Anda, lalu hapus semua piksel dengan warna yang sama: keduanya yang berada di bawah kuas Anda dan piksel apa pun di sekitarnya. 

Dengan hanya mengklik dingklik merah di belakang lampu saya, Anda sudah dapat melihat bahwa saya telah menghapus sebagian besar latar belakang saya. Mari kita terus mengklik. 

Seperti disebutkan, menghapus latar belakang di Photoshop tidak akan pernah sempurna. Setelah Anda menyingkirkan sebagian besar dari itu, Anda masih memiliki beberapa area kecil yang tidak dijemput. 

Untuk menghapus area ini: 
  • Pilih Lasso Tool Anda. 
  • Buat banyak pilihan latar belakang Anda, termasuk area transparan. 
  • Buka Edit> Cut. 
Ini tidak hanya akan menghapus area yang mampu Anda lihat, tetapi sampel mikroskopis 1-2 piksel yang tersisa. Itu menciptakan gambar lebih higienis. 

Sekali lagi, jikalau Anda ingin memperbesar dan menyempurnakan hal-hal yang benar, aktifkan lapisan warna solid di bawah gambar Anda untuk meningkatkan kontras. Kemudian aktifkan kembali layer gambar Anda, perbesar, dan gunakan Lasso Tool untuk memilih dan memotong. 

Background Eraser Tool
Alat kedua yang mampu Anda gunakan yaitu Background Eraser Tool. Itu rewel dan tidak secepat, jadi saya tidak menggunakannya terlalu sering. Ketika saya melakukannya, saya menggunakannya untuk pekerjaan detail. 

Saat Anda mengeklik Background Eraser Tool, Anda akan melihat kontrolnya muncul di bagian atas layar Anda. Di sinilah Anda mampu menyesuaikan pengaturannya, dan kami menyarankan Anda melakukannya. 

Pengaturan paling penting yang perlu diingat: 
  • Ikon kuas Anda, terlihat di sini sebagai bundar putih. 
  • Limits Di sebelah ini, Anda akan menemukan sajian dropdown dengan tiga opsi untuk mengontrol apa yang terhapus: 
    • Find Edges menghapus area warna yang berdampingan, tetapi menjaga "tepian" objek di dalam gambar Anda. 
    • Contiguous menghapus warna sampel dan semua warna di sebelahnya. 
    • Discontiguous menghapus warna sampel Anda, tetapi hanya ketika melewati di bawah kuas Anda. 
Di samping Tolerance, Anda akan melihat bilah geser yang sanggup Anda sesuaikan. Semakin rendah persentase, Photoshop pemilih akan ketika memilih warna yang akan dihapus. Jika Anda memutuskan Tolerance terlalu tinggi, itu akan menghapus warna terkait juga bukan hanya yang ingin Anda hapus.

Setelah menyesuaikan kontrol, Anda mampu mulai menghapus. Jika Anda melihat ke dalam kotak biru saya, Anda dapat melihat Background Eraser Tool beraksi. 

Meskipun sikat saya dikala ini di atas lampu, alat penghapus hanya menghapus piksel merah sambil membiarkan lampu tetap utuh. Ini sebab saya telah menemukan Tepi Aktif, dan telah mendeteksi tepi. 

Sekali lagi setelah Anda selesai menghapus Anda mampu kembali memakai Lasso Tool dan membersihkannya. 

3: Cara Menghapus Latar Belakang Putih di Photoshop 
Bagaimana bila Anda ingin menghapus latar belakang putih di Photoshop? 

Pastikan gambar Anda berada di layer terpisah. Selanjutnya, pastikan layer warna kontras Anda berada di bawah gambar Anda. 

Pergi ke bilah alat sebelah kiri dan klik pada Magic Eraser Tool. Aktifkan lapisan gambar Anda, kemudian klik di mana saja pada putih di dalam gambar itu. 

Photoshop akan secara otomatis menghapus semua putih di latar belakang Anda sebab itu ialah satu "warna" terus menerus. Ya, sesederhana itu. 

Setelah latar belakang Anda dihapus, hidupkan lapisan warna solid Anda untuk memeriksa dan melihat apakah ada tepi yang perlu diperbaiki. Mereka akan muncul sebagai garis putih tipis di sekitar objek Anda. 

Setelah selesai memperbaiki tepi ini dengan Lasso Tool, matikan visibilitas pada lapisan warna Anda. 

Saat Anda menghapus latar belakang di Photoshop, Anda bisa menambahkan latar belakang baru atau menjaganya tetap transparan. 

Untuk menjaga latar belakang Anda tetap transparan, buka File> Save As, lalu pilih PNG sebagai format file Anda. Ini akan menjaga tepi transparan pada gambar Anda.

Baca Juga