Cara Menghubungkan Controller Xbox One Ke Raspberry Pi

Penggemar game retro dengan dorongan untuk menghubungkan pengontrol Xbox One Anda ke Raspberry Pi Anda Berkat alat konfigurasi otomatis di RetroPie dan Recalbox, Anda sanggup mengontrol gim dengan Kontroler Xbox. 

Tetapi bagaimana dengan koneksi yang bantu-membantu, Apa itu mungkin? Mungkinkah Anda memerlukan adaptor untuk menghubungkan pengontrol Xbox One ke komputer lain? Inilah yang perlu Anda ketahui. 

Mengkonfigurasi Raspbian untuk Pengontrol Xbox One 
Jika Anda berencana untuk memakai pengontrol Xbox One dengan Raspberry Pi Anda, mulailah dengan memperbarui sistem operasi Anda. Di terminal, gunakan: 
sudo apt update
sudo apt upgrade
Tunggu sementara masing-masing simpulan, mencari setiap konfirmasi untuk mengkonfirmasi instalasi. 

Dalam sebagian besar masalah, Anda tidak perlu driver untuk pengontrol Xbox One di Raspbian. Dukungan untuk pengontrol terintegrasi ke sistem operasi. Namun, emulator dan game yang lebih usang tidak mampu mendeteksi hal ini. Ini juga berkhasiat untuk menghubungkan melalui Bluetooth. 

Jika Anda kesulitan membuat pengontrol Xbox One berfungsi dengan game tertentu, instal drivernya 
sudo apt install xboxdrv
Seperti biasa, tunggu instalasi simpulan sebelum melanjutkan. 

Cara Menghubungkan Pengontrol Xbox One ke Raspberry Pi via USB 
Keindahan USB adalah Anda cukup plug and play. 

Sementara kenyamanan pengontrol Xbox One adalah fleksibilitas nirkabelnya, jikalau Anda ingin menggunakannya, coba USB. Kabel pengisian daya Xbox One sanggup dipakai untuk ini, tetapi jikalau sistem Anda tidak menyertakannya, Anda harus membelinya sendiri. Versi 2,7 meter yakni yang terbaik untuk bermain game di sistem retro. 

Jangan lupa, Anda juga sanggup membeli versi pengontrol Xbox One kabel. Ini akan terhubung eksklusif, dan menghemat waktu mengkonfigurasi Bluetooth. 

Cara Menghubungkan Pengontrol Xbox One ke Raspberry Pi via Bluetooth 
Jika Anda berencana untuk menyambungkan pengontrol Xbox One Anda ke Raspberry Pi, yang terbaik yaitu menentukan model yang lebih baru. Older Raspberry Pi tidak mempunyai kecepatan pemrosesan (atau kemampuan Wi-Fi dan Bluetooth) untuk menangani pengontrol nirkabel. Gunakan USB kalau Anda terbatas pada Pis usang. 

Dengan Raspberry Pi atau lebih gres, Anda mempunyai dua opsi untuk konektivitas nirkabel: 
  • Dongle adaptor nirkabel 
  • Alat Bluetooth terpasang 
Yang satu jauh lebih gampang dari yang lain. 

1: Menggunakan Adaptor Nirkabel Xbox Microsoft 
Cara paling sederhana untuk menyambungkan pengontrol Xbox One ke Raspberry Pi adalah dengan memakai Microsoft Xbox Wireless Adapter resmi. 
Baca Juga
(Perhatikan bahwa pengontrol ini berbeda dengan yang dipakai oleh pengontrol nirkabel Xbox 360.) 

Dengan adaptor nirkabel yang terhubung ke Raspberry Pi Anda, boot dan kemudian tunggu hingga perangkat menyala. Tahan tombol pasangan pada adaptor dan pengontrol Xbox One secara bersamaan dan tunggu hingga lampu disinkronkan. Ketika mereka berhenti berkedip, Anda siap bermain! 

2: Memasangkan Langsung melalui Alat Bluetooth 
Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah menginstal driver xboxdrv seolah-olah yang dijelaskan sebelumnya. 

Menyinkronkan pengontrol Xbox One mengharuskan Anda untuk menonaktifkan ERTM. Ini adalah Enhanced Re-Transmission Mode, fitur utama Bluetooth. Namun, dengan itu diaktifkan, perangkat tidak dapat disinkronkan. Nonaktifkan ERTM dengan: 
echo 'options bluetooth disable_ertm=Y'